Tentang Media Pembelajaran
Ngomong-ngomong dengan ‘belajar’, jadi kepikiran untuk membicarakan berbagai media pembelajaran berbasis IT (Information Technologi) yang saat ini lagi marak. Apakah ini hanya trend sesaat? Saya pikir tidak. Saya yakin, paling tidak untuk jangka menengah ke depan, saya yakin implementasi IT dalam berbagai bidang masih akan menjadi primadona, termasuk dalam dunia pendidikan. Untuk orientasi penggunaan IT k e depan dalam dunia pendidikan, Nah, sekarang mari kita bincangkan kembali lebih lanjut, khususnya pemanfaatan IT sebagai media pembelajaran. Apalagi tujuannya kalo tidak untuk memaksimalkan pencapaian pembelajaran.
Bentuk-Bentuk Media Ajar Berbasis IT (Belajar Online, Presentasi dengan LCD, Dow
Ngomong-ngomong dengan ‘belajar’, jadi kepikiran untuk membicarakan berbagai media pembelajaran berbasis IT (Information Technologi) yang saat ini lagi marak. Apakah ini hanya trend sesaat? Saya pikir tidak. Saya yakin, paling tidak untuk jangka menengah ke depan, saya yakin implementasi IT dalam berbagai bidang masih akan menjadi primadona, termasuk dalam dunia pendidikan. Untuk orientasi penggunaan IT k e depan dalam dunia pendidikan, Nah, sekarang mari kita bincangkan kembali lebih lanjut, khususnya pemanfaatan IT sebagai media
Bentuk-Bentuk Media Ajar Berbasis IT (Belajar Online, Presentasi dengan LCD, Dow
nload materi, E_mail, E_learning dl) :
Tips Dalam memanfaatkan Media Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Sistem Pembelajaran pada era global saat ini.
Seorang pendidik dikatakan Guru atau sebagai pengelola kegiatan pembelajaran bagi peserta didiknya (Transfer Of Learning). Segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran di dalam kelas adalah wewenang dan tanggungjawab guru. Sumber-sumber belajar apa saja yang akan disajikan didalam kelas adalah sepenuhnya berada di tangan guru. Metode pembelajaran yang bagaimana yang akan di terapkan di dalam kelas untuk menyajikan materi pelajaran tersebut adalah juga menjadi tanggung jawab guru. Walaupun sudah ada panduan tentang penyampainan materi yang telah ditetapkan untuk digunakan seorang guru dalam penyajian materi,namun tetap saja guru memiliki kewenangan untuk memilih dan menetapkan metode pembelajaran yang akan digunakan untuk penyajian maupun penyampaian materi.
Pengadaan media Teknologi Informasi dan Kominikasi untuk pembelajaran dapat juga berasal dari sekolah itu sendiri atau dari pihak lain. Pada dasarnya tidak menjadi masalah dari manapun asalnya, yang paling penting adalah bagamana menyiasati agar media (TIK) tersebut yang ada di sekolah dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kepentingan pembelajaran peserta didik. Beberapa contoh media TIK yang banyak tersedia diantaranya CD / Kaset Audo, VCD, DVD, LCD, Komputer dan Internet. Dengan semakin maraknya media informasi dan komunikasi untuk kegiatan pembelajaran, baik di pasaran yang di adakan di sekolah maupun yang di terima di sekolah dari berbagi pikak. maka sebelum memanfaatkannya ada beberapa Tips berikut :
1. Mempelajari materi pelajaran yang dikemas di dalam media TIK
Dengan perkembagan teknologi saat ini para guru dapat mencatan daftar web site yang memuat materi pelajaran yang berkaitan dengan materi pelajaran yang akan dibahas di kelas, yaitu menyimpan matei pelajaran yang dikandung didalamnya.
2. Merencanakan Waktu pemanfaatan media TIK
Dengan adanaya media IT, maka seorang guru dapat menggunakan secara maksimal dan peserta didik diharapkan dapat menbgakses Internet jika seorang guru berhalangan.
Emmm,… capek-capek gini, pikiran seperti kosong dengan ide. Maunya cuma yang ringan-ringan saja, buka sana buka sini, baca koran, denger music dari indowebster ato sesekali liat video Iwan Fals di Youtube ato Indowebster. Sekarang malah dah ganti lagi denger radio dengan G502ku. Henpun henpun kelas sedengan gini rupanya cukup bisa dioptimalkan. Tadi siang ngajar PLPG guru-guru SMK, saya pake henpun ini buat ng-remot presentasi sehingga saya lebih leluasa berjalan dan berinteraksi dengan peserta.
Presentasi Power Point. Ini adalah bentuk yang paling sederhana dan paling mudah dan paling praktis sehingga paling banyak dipergunakan oleh kebanyakan pembicara, baik pembicara seminar, workshop, dan juga guru di kelas. Hendaknya, setiap guru paling tidak mempunyai kemampuan untuk membuat materi ajar dalam bentuk presentasi Power Point ini. Meskipun paling sederhana, Power Point memberikan fasilitas yang cukup hebat untuk membuat media ajar. Justru dengan kesederhanaan ini lah yang menyebabkan hal ini sangat mudah dipelajari. Apakah hasilnya menjadi sangat sederhana? Belum tentu. Dengan kreatifitas lebih, Power Point dapat dioptimalkan dengan baik untuk membuat paket media ajar yang berkualitas. Semoga lain waktu kita dapat mempelajari mengenai trik-trik mengemas media ajar berbasis Power Point menjadi nampak dahsyat! Cieee …
CD Media Ajar Berbasis HTML. Maaf kalo saya nganeh-anehi! Mungkin cuma saya yang berpikir kayak gini ( halah .. ). Ketika kita membeli majalah-majalah komputer, sering kali kita mendapatkan CD yang begitu kita masukkan ke dalam CD ROM, dia langsung nge-load internet browser dan menampilkan menu dan konten CD tersebut. Nah,.. idenya adalah seperti itu. Bahasa HTML adalah bahasa yang biasanya dipergunakan dalam menampilkan halaman web. Halaman HTML dapat dibuat dengan mudah dibuat. Tentunya, akan sangat tergantung kepada yang bersangkutan dalam membuat tampilan. Setiap topik atau bahasan yang berhubungan dapat dengan mudah dihubungkan dengan link (hyperlink). Sama persis dengan halaman web, namun sekarang kita buat dalam bentuk CD. Caranyapun sangat mudah, kumpulkan semua materi kerja dalam satu folder. Seluruh folder ini harus tercopy ke dalam CD dengan letak file dan struktur folder yang sama persis dengan saat pembuatan. Jangan lupa mengemas CD tersebut dalam bentuk autorun CD. Caranya pun juga sangat mudah, cukup dengan menambahkan file ‘autorun.inf’, definisikan file inisiasi yang akan dibuka dengan file tersebut. Cukup,.. selesai !
Video Pembelajaran. Prinsipnya adalah, CD pembelajaran itu nanti berupa video hasil rekaman aktifitas pembelajaran yang direkam dan ditampilkan dalam bentuk video. Karena bentuknya video, maka dia akan mengalir seperti orang nonton film. Tidak ada fasilitas interlinking dalam film tadi. Bahan video bisa berasal dari rekaman anda yang seolah-olah sedang mengajar di lab, sedang mengerjakan workshop, rekaman desktop dengan Camtasia, atau bisa juga mencari dari situs-situs social video hosting seperti youtube.com, teacherstube.com, metacafe.com, dan sebagainya. Kemudian, potongan-potongan video diolah dengan perangkat lunak video editting (misalnya, MovMk, ULead Video Editor), ditambahi elemen text, diberikan efek-efek, dan juga perlu diberikan dubbing suara guru. Perangkat yang dibutuhkan diantaranya kamera digital dan handycam (kalo tidak ada, mungkin camera handphone pun juga bisa, dengan kualitas terbatas). Multimedia Pembelajaran Interaktif. Ini mungkin yang paling sulit, namun demikian hasilnya juga bisa sangat memuaskan. Software yang dipergunakan misalnya Macromedia Flash, Authorware, dsb. Elemen-elemen gambar dan audio video bisa tetap digabungkan didalamnya. Animasi bisa dibuat dengan baik. Interactivitas bisa dibuat dengan action script. CD CD pembelajaran untuk anak-anak yang sekarang bisa kita peroleh di toko buku adalah contoh jenis media ajar jenis ini. Woahmmmmmm,….. kok tambah ngantuk ya. Tulisan juga udah semkain nggak jelas. Udah aja ya … Nanti kita sambung lagi. Yang jelas, banyak hal menarik yang bisa kita bahas .. swear .. ini sangat menarik! Woahhhmmmmmmm !!!
Tags: media ajar, media pembelajaran, multimedia pembelajaran, pembelajaran berbasis IT
Movie Colection
Fitna
Horor 1
Horor 2
My Album
Tangis seorang Anak
One day in your Life
Modul Office 2003: Acsess Project Ms. Excel 2003 Ms Power Point 2003 Ms Word 2003 Aplikasi Excel Dlm Perencanaan Keuangan Menguasai Excel 2003 Skripsi Dengan Ms Woord Ms Access 2000-2003 SQL Server Trik Pemrograman Ms Excel
Modul Pemrograman : Borlen Delphi07 Analis &design Objek dg VFoxPro 8.0 Sistem Keamanan Komputer Edit Video dg Ulead VS7.0 Membuat Design AutoRun CD dg Flash MX 2004 CCNA Study Guide
Tips and Trik
Tips Dalam memanfaatkan Media Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Sistem Pembelajaran pada era global saat ini.
Seorang pendidik dikatakan Guru atau sebagai pengelola kegiatan pembelajaran bagi peserta didiknya (Transfer Of Learning). Segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran di dalam kelas adalah wewenang dan tanggungjawab guru. Sumber-sumber belajar apa saja yang akan disajikan didalam kelas adalah sepenuhnya berada di tangan guru. Metode pembelajaran yang bagaimana yang akan di terapkan di dalam kelas untuk menyajikan materi pelajaran tersebut adalah juga menjadi tanggung jawab guru. Walaupun sudah ada panduan tentang penyampainan materi yang telah ditetapkan untuk digunakan seorang guru dalam penyajian materi,namun tetap saja guru memiliki kewenangan untuk memilih dan menetapkan metode pembelajaran yang akan digunakan untuk penyajian maupun penyampaian materi.
Pengadaan media Teknologi Informasi dan Kominikasi untuk pembelajaran dapat juga berasal dari sekolah itu sendiri atau dari pihak lain. Pada dasarnya tidak menjadi masalah dari manapun asalnya, yang paling penting adalah bagamana menyiasati agar media (TIK) tersebut yang ada di sekolah dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kepentingan pembelajaran peserta didik. Beberapa contoh media TIK yang banyak tersedia diantaranya CD / Kaset Audo, VCD, DVD, LCD, Komputer dan Internet. Dengan semakin maraknya media informasi dan komunikasi untuk kegiatan pembelajaran, baik di pasaran yang di adakan di sekolah maupun yang di terima di sekolah dari berbagi pikak. maka sebelum memanfaatkannya ada beberapa Tips berikut :
1. Mempelajari materi pelajaran yang dikemas di dalam media TIK
Dengan perkembagan teknologi saat ini para guru dapat mencatan daftar web site yang memuat materi pelajaran yang berkaitan dengan materi pelajaran yang akan dibahas di kelas, yaitu menyimpan matei pelajaran yang dikandung didalamnya.
2. Merencanakan Waktu pemanfaatan media TIK
Dengan adanaya media IT, maka seorang guru dapat menggunakan secara maksimal dan peserta didik diharapkan dapat menbgakses Internet jika seorang guru berhalangan.
Emmm,… capek-capek gini, pikiran seperti kosong dengan ide. Maunya cuma yang ringan-ringan saja, buka sana buka sini, baca koran, denger music dari indowebster ato sesekali liat video Iwan Fals di Youtube ato Indowebster. Sekarang malah dah ganti lagi denger radio dengan G502ku. Henpun henpun kelas sedengan gini rupanya cukup bisa dioptimalkan. Tadi siang ngajar PLPG guru-guru SMK, saya pake henpun ini buat ng-remot presentasi sehingga saya lebih leluasa berjalan dan berinteraksi dengan peserta.
Presentasi Power Point. Ini adalah bentuk yang paling sederhana dan paling mudah dan paling praktis sehingga paling banyak dipergunakan oleh kebanyakan pembicara, baik pembicara seminar, workshop, dan juga guru di kelas. Hendaknya, setiap guru paling tidak mempunyai kemampuan untuk membuat materi ajar dalam bentuk presentasi Power Point ini. Meskipun paling sederhana, Power Point memberikan fasilitas yang cukup hebat untuk membuat media ajar. Justru dengan kesederhanaan ini lah yang menyebabkan hal ini sangat mudah dipelajari. Apakah hasilnya menjadi sangat sederhana? Belum tentu. Dengan kreatifitas lebih, Power Point dapat dioptimalkan dengan baik untuk membuat paket media ajar yang berkualitas. Semoga lain waktu kita dapat mempelajari mengenai trik-trik mengemas media ajar berbasis Power Point menjadi nampak dahsyat! Cieee …
CD Media Ajar Berbasis HTML. Maaf kalo saya nganeh-anehi! Mungkin cuma saya yang berpikir kayak gini ( halah .. ). Ketika kita membeli majalah-majalah komputer, sering kali kita mendapatkan CD yang begitu kita masukkan ke dalam CD ROM, dia langsung nge-load internet browser dan menampilkan menu dan konten CD tersebut. Nah,.. idenya adalah seperti itu. Bahasa HTML adalah bahasa yang biasanya dipergunakan dalam menampilkan halaman web. Halaman HTML dapat dibuat dengan mudah dibuat. Tentunya, akan sangat tergantung kepada yang bersangkutan dalam membuat tampilan. Setiap topik atau bahasan yang berhubungan dapat dengan mudah dihubungkan dengan link (hyperlink). Sama persis dengan halaman web, namun sekarang kita buat dalam bentuk CD. Caranyapun sangat mudah, kumpulkan semua materi kerja dalam satu folder. Seluruh folder ini harus tercopy ke dalam CD dengan letak file dan struktur folder yang sama persis dengan saat pembuatan. Jangan lupa mengemas CD tersebut dalam bentuk autorun CD. Caranya pun juga sangat mudah, cukup dengan menambahkan file ‘autorun.inf’, definisikan file inisiasi yang akan dibuka dengan file tersebut. Cukup,.. selesai !
Video Pembelajaran. Prinsipnya adalah, CD pembelajaran itu nanti berupa video hasil rekaman aktifitas pembelajaran yang direkam dan ditampilkan dalam bentuk video. Karena bentuknya video, maka dia akan mengalir seperti orang nonton film. Tidak ada fasilitas interlinking dalam film tadi. Bahan video bisa berasal dari rekaman anda yang seolah-olah sedang mengajar di lab, sedang mengerjakan workshop, rekaman desktop dengan Camtasia, atau bisa juga mencari dari situs-situs social video hosting seperti youtube.com, teacherstube.com, metacafe.com, dan sebagainya. Kemudian, potongan-potongan video diolah dengan perangkat lunak video editting (misalnya, MovMk, ULead Video Editor), ditambahi elemen text, diberikan efek-efek, dan juga perlu diberikan dubbing suara guru. Perangkat yang dibutuhkan diantaranya kamera digital dan handycam (kalo tidak ada, mungkin camera handphone pun juga bisa, dengan kualitas terbatas). Multimedia Pembelajaran Interaktif. Ini mungkin yang paling sulit, namun demikian hasilnya juga bisa sangat memuaskan. Software yang dipergunakan misalnya Macromedia Flash, Authorware, dsb. Elemen-elemen gambar dan audio video bisa tetap digabungkan didalamnya. Animasi bisa dibuat dengan baik. Interactivitas bisa dibuat dengan action script. CD CD pembelajaran untuk anak-anak yang sekarang bisa kita peroleh di toko buku adalah contoh jenis media ajar jenis ini. Woahmmmmmm,….. kok tambah ngantuk ya. Tulisan juga udah semkain nggak jelas. Udah aja ya … Nanti kita sambung lagi. Yang jelas, banyak hal menarik yang bisa kita bahas .. swear .. ini sangat menarik! Woahhhmmmmmmm !!!
Tags: media ajar, media pembelajaran, multimedia pembelajaran, pembelajaran berbasis IT
Movie Colection
Fitna
Horor 1
Horor 2
My Album
Tangis seorang Anak
One day in your Life
Modul Office 2003: Acsess Project Ms. Excel 2003 Ms Power Point 2003 Ms Word 2003 Aplikasi Excel Dlm Perencanaan Keuangan Menguasai Excel 2003 Skripsi Dengan Ms Woord Ms Access 2000-2003 SQL Server Trik Pemrograman Ms Excel
Modul Pemrograman : Borlen Delphi07 Analis &design Objek dg VFoxPro 8.0 Sistem Keamanan Komputer Edit Video dg Ulead VS7.0 Membuat Design AutoRun CD dg Flash MX 2004 CCNA Study Guide
Tips and Trik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Tugas Mahasiswa
Tugas SMA
Tugas SMK
Lain-Lain