Selasa, November 10, 2009

Learning Technology System Architecture (LTSA)

Learning Technology System Architecture (LTSA)

LTSA (IEEE 1484) adalah suatu standar internasional sistem pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan IEEE 1484 Learning Standards Committee (LTSC) oleh Farance Incorporational, divisi Edutool. LTSA merupakan arsitektur tingkat tinggi yang berfokus pada masalah teknologi pembelajaran, pelatihan berbasis komputer, sistem pendukung performasi elektronik, instruksi berbantuan komputer, dan lain-lain.

LTSA meliputi wilayah yang luas dari sistem, umumnya dikenal sebagai Learning Technology, education and training technology, computer based training, computer assisted interaction, dan lain-lain. Arsitektur LTSA bersifat netral secara pedagogis, netral terhadap content, netral secara cultural dan juga platform.

LTSA Layer
LTSA menspesifikasikan lima lapisan (layer), tetapi hanya layer 3 yang bersifat normative. Setiap layer menggambarkan sebuah sistem pada level yang berbeda. Layer yang lebih tinggi memiliki prioritas yang lebih besar dan berpengaruh dalam analisis dan perancangan sistem. Berikut ini adalah lima layer yang dispesifikasikan LTSA:
1. Layer 1 : Learner and Environment Interaction
Layer ini berfokus kepada akuisisi, transfer, pertukaran, formulasi dan penemuan pengetahuan dan atau informasi melalui interaksi dengan lingkungan.
2. Layer 2 : Learner Related Design Features
Layer ini berfokus kepada pengaruh yang dimiliki learner pada perancangan dari sistem pembelajaran.
3. Layer 3 : System Components
Layer ini mendeskripsikan komponen dasar arsitektur yang diidentifikasi pada layer 2.
4. Layer 4 : Implementation Perspective and Priorities
Layer ini mendeskripsikan sistem pembeajaran dari berbagai perspektif dengan mengacu pada layer 3. Setiap stakeholder memiliki perspektif yang berbeda terhadap sistem pembelajaran. Analisis terhadap perspektif dapat menghasilkan:
a. Verivikasi dan validasi komponen LTSA pada sistem.
b. Penentuan komponen LTSA yang tidak perlu dan perlu ditekankan pada system.
c. Indikasi berbagai prioritas perancangan level tinggi dan level rendah.
5. Layer 5 : Operational Components and interoperability (codings, APIs, protocols)
Layer ini mendeskripsikan komponen dan antar muka yang bersifat generic dari arsitektur pembelajaran berbasis teknologi informasi seperti yang diidentifikasi pada layer 4.
Kelima spesifikasi lapisan (layer) arsitectur dapat dilihat pada gambar berikut ini :

Komponen Sistem LTSA
Komponen LTSA dibagi menjadi tiga kelompok utama, yaitu :
1. Proses (Process)
Proses dideskripsikan dengan batasan, input, fungsionalitas dan output. Proses terdiri dari Entitas siswa (learner entity), evaluasi (Evaluation), pelatih (Coach) dan pengiriman (delivery). Proses digambarkan dengan simbol elips.
2. Penyimpanan Data (Store)
Penyimpanan data dideskripsikan dengan tipe dari informasi yang disimpan dan metode search, retrival dan update. Penyimpanan data terdiri dari data siswa (learner record) dan sumber daya pembelajaran (learner resources). Penyimpanan data digambarkan dengan simbol persegi panjang.
3. Aliran data (Flow)
Aliran data dideskripsikan dengan konektivitas dan tipe dari informasi yang dialirkan. Aliran data terdiri dari perilaku (behavior), penilaian (assessment), informasi siswa (learner information), query, info catalog (catalog info), locator, materi pembelajaran (learning content), multimedia, konteks interaksi (interaction context) dan preferensi pembelajaran (learning preferences).
Berikut ini adalah penggambaran komponen-komponen LTSA secara keseluruhan.




MUHAMMAD BAGUS NUGROHO_113040039
Analisis dan Implementasi Layer 3, 4 dan 5 Learning Technology System Architecture (LTSA) pada Mobile Learning
Analysis and Implementation of 3rd, 4th and 5th Learning Technology System Architecture (LTSA) Layers in Mobile

1 komentar:

  1. Smoga Info ini sangat bermanfaat bg semua orang yg tlah membuka dan membutuhkannya.

    BalasHapus

Tugas Mahasiswa
Tugas SMA
Tugas SMK
Lain-Lain