Jumat, Desember 16, 2011

Lesson Study


BAB I

PENDAHULUAN

A. Pengantar

Lesson Study (LS) atau Kaji Pembelajaran adalah suatu pendekatan peningkatan pembelajaran yang awal mulanya berasal dari Jepang. Di Indonesia, LS telah diterapkan di tiga daerah (Malang, Yogyakarta, dan Bandung) sejak tahun 2006 melalui skema Strengthening In-Service Teacher Training of Mathematics and Science (SISTTEMS)(Susilo, 2007).

Guru adalah seorang pendidik yang harus dapat mentransfer dan membimbing (Transfer Of Learning) bagaimana cara yang sebenarnya menggunakan ilmu pengetahuanya, akan tetapi kebanyakan guru cuman dapat mentransfer ilmu pengetahuan saja (Transfer Of Nowleg), namun diharapkan dengan diadakannya leasson study guru harus dapat menjadi seorang pendidik yang bersifat Transfer Of Learning.

Guru adalah unsur system dalam pendidikan dan memiliki peran yang sangat penting. Tuntutan guru yang berkualitas merupakan keniscayaan agar proses pembelajaran berkualitas pula. Maka dengan leasson Study ini akan meningkatkan kualitas guru dalam keberhasilan proses Transfer Of Learnig.

Tujuan dari laporan lesson study ini adalah untuk mendokumentasi diskusi dan refleksi yang terjadi selama proses lesson study yang telah kita laksanakan tersebut, baik untuk kepentingan pribadai maupun oarang lain. Dengan laporan Lesson Stady ini semoga dapat dapat untuk gambaran dan pengembangan madrsah bagi guru-guru, Pada dasarnya, kami meminta agar pembaca dan dapat menjejaki kembali (re-trace) sepanjang proses ini, dari menentukan tujuan, perencanaan pertama, pelaksanaan pertama, refleksi pertama. Karena terlalu banyaknya permasalahan yang dapat pembaca diskusikan dalam laporan ini maka akan lebih bermanfaat jika pembaca menentukan tema-tema atau fokus penting yang akan bisa memberikan arah lesson study, lalu ukur kembali tema-tema tersebut pada sepanjang proses lesson study yang telah pembaca lakukan, dan diskusikan tema-tema tersebut dalam laporanmu. Dengan ini kami lampirkan beberapa proses Lesson Study sebagai gambaran yang sudah kami laksanakan di madrasah tersebut.

Demikian laporan Lesson Study ini kami buat, pastinya banyak kekurangan mohon saran, masukan dan kritik yang sifatnya membagun, itu yang kami harapkan.

B. TUJUAN

Tujuan pelatihan Lesson Study untuk guru adalah :

1. Meningkatkan kompetensi guru dalam proses penigkatan pembelajaran.

2. Meningkatkan pengetahuan dan penguasaan materi Lesson study nomi para guru di madrasah.

3. Meningkatkan kolegialitas, inovasi, dan otonomi

4. Memahami permasalahan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di madrasah dan merumuskan alternative solusinya.

C. SASARAN

Guru Madrasah MTs N2 Semarang

D. PELAKSANAANKegiatan Lesson Study ini akan dilaksanakan pada tanggal dua belas sampai dengan lima belas desember duaribu sebelas di MTs N 2 Semarang.


Hasil laporan selengkapnya Klik (Pustaka E_Learning) pada menu.

Jika ingin langsung lihat laporan, browsing aja alamat berikut, dg cara di copy.

https://docs.google.com/viewer?a=v&pid=sites&srcid=ZGVmYXVsdGRvbWFpbnxrb2hsaWVtYmxvZ3Nwb3Rjb218Z3g6NGRjNzg2YmFjOTVkNjVlMw


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Mahasiswa
Tugas SMA
Tugas SMK
Lain-Lain